Sabtu, 08 Juni 2013

Indonesia berasal dari…



Kata Indonesia untuk pertama kalinya diluncurkan oleh Logan pada sebuah karya tulisnya. Setelah itu, ia secara konsisten menggunakan nama Indonesia dalam tulisan-tulisan ilmiahnya.

Istilah Indonesia pun menyebar dikalangan ahli etnografi dan geografi. Pada tahun 1884, Adolf Bastian, seorang guru besar pada Universitas Berlin mempopulerkan istilah tersebut dalam bukunya yang berjudul: Indonesian Order die Inseln des Malaysichen Archipel. Buku tersebut merupakan hasil penelitiannya tahun 1884-1860 di wilayah Nusantara yang kala itu bernama Hindia Belanda. Buku ini semakin mempopulerkan istilah Indonesia dikalangan sarjana Belanda.

Bangsa Indonesia sendiri yang pertama kali menggunakan istilah Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ketika dibuang ke negeri Belanda pada tahun 1913, ia mendirikan sebuah biro pers yang diberi nama Indonesische Pers-Bureau. Pada tahun 1920-an istilah Indonesia yang semula merupakan istilah ilmiah dalam etnografi dan geografi digunakan oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional sehingga bermakna politis. Istilah Indonesia menjadi identitas suatu bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaannya. Organisasi-organisasi pergerakan nasional kala itu yang dipelopori oleh Perhimpunan Indonesia menggunakan kata Indonesia untuk nama organisasi pergerakannya. Organisasi itu antara lain: Partai Nasional Indonesia (PNI) dan Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada akhirnya istilah Indonesia dikukuhkan menjadi nama tanah air, bangsa dan bahasa pada KOngres Pemuda Indonesia II pada tanggal 28 Oktober 1928.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar